Jumat, 18 Februari 2011

Cara Kerja Cocomesh Terhadap Lahan Bekas Tambang



Sistem Kerja Cocomesh - Coirnet

Area yang telah mengalami bukaan dan kegiatan pertambangan, sangat umum mengalami erosi akibat hilangnya vegetasi penutup yang menahan endapan dan air larian (run-off). Selain itu, kegiatan pertambangan bisa mengakibatkan perubahan struktur lahan menjadi area dengan potensi erosi yang lebih tinggi dari sebelumnya bahkan dengan potensi longsor akibat perubahan kemiringan lahan yang semakin curam.

Dalam mengendalikan erosi dan endapan akibat pembukaan lahan, menggunakan berbagai teknologi dan metode untuk menciptakan penghalang atau penahan untuk menggurangi energi erosi yang diakibatkan yang disesuaikan dengan keadaan lahan yang terdapat pada area kerja. Beberapa teknik yang dipergunakan beserta fungsinya yaitu:

Jaring jerami (jute net), selimut coir (Coir blanket), penggunaan serat kelapa (Coco fiber); untuk menyaring dan menahan endapan yang mengalir bersama aliran air pada permukaan tanah
Pagar bambu (bamboo fence), Rock Cek Dam; selain untuk menahan endapan yang mangalir bersama air permukaan, juga berfungsi untuk mempertahankan struktur tanah disekitarnya. Terkadang digunakan pula pagar kayu untuk struktur tanah yang lebih curam dan berpotensi tinggi mengalami erosi atau bahkan longsor.
Penutupan dengan menggunakan pelapisan jerami (hay mulch), yang berfungsi untuk menahan terangkatnya sediment dari permukaan akibat aliran air dan angin, juga berfungsi untuk menahan sebagian dari kelembaban tanah agar tidak terevaporasi yang diakibatkan tereksposenya tanah terhadap sinar matahari.
Terdapat beberapa teknik lain yang kami pergunakan yang sangat bergantung pada keadaan area kerja. Penggunaan teknik untuk pengendalian erosi dan endapan juga didiskusikan agar sesuai dengan keinginan dan harapan klien.

Klien kami seperti : Chevron Geothermal Indonesia di Garut melalui PT Green Planet Indonesia, Martabe Gold Mining melalui Duta Graha Indonesia, TOTAL E&P melalui Antasena Rekayasa Mandiri, dan beberapa perusahaan tambang lainnya.

Hubungi kami di :
Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu
Sabut Mandiri
Ruko Puluh Dadi No. B35, Seturan Jogjakarta
Kontak : Arif (08562565965)
www.sabutmandiri.com

Tidak ada komentar: