Kamis, 11 Februari 2010

Bio Virgin Minyak Goreng Kelapa Berkualitas


Pemberdayaan Masyarakat Petani Kelapa Dengan Minyak Goreng Kelapa Bio Virgin - Premium

Minyak Goreng kelapa yang beredar di masyarakat identik dengan istilah minyak kampung / tradisional. Sebutan “kampung” melekat kepada minyak kelapa kerena kualitasnya yang kurang bagus, Rata-rata minyak kelapa tradisional sudah bau tengik dibawah waktu 1 bulan. Persoalan ini menurunkan citra bahwa minyak kelapa tidak bisa bersaing denga minyak sawit. Padahal sesungguhnya sangat bisa bersaing dan jauh lebih unggul dari minyak sawit.

Kandungan lemak jenuh berantai pendek yang tinggi pada minyak kelapa, menyebabkan minyak kelapa mudah terurai di dalam tubuh, sehingga mengurangi defosit lemak dalam tubuh.Minyak goreng kelapa juga lebih awet untuk menggoreng, hal ini karena minyak tidak banyak terserap oleh gorengan. Karena itu minyak ini sangat disukai oleh industri makanan ringan / snack.

Keunggulan yang dimiliki oleh minyak goreng kelapa, selayaknya sekarang diangkat menjadi sebuah komoditas utama minyak goreng di masyarakat, apalagi untuk daerah-daerah penghasil kelapa, terutama untuk wilayah-wilayah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Daerah Indonesia timur lainnya.

Minyak Goreng kelapa harus bisa duduk sejajar dengan minyak sawit yang notabene bukan tanaman asli Indonesia. Masyarakat petani kelapa harus diberikan pelatihan pengolahan minyak goreng kelapa dengan mutu baik, agar produk bisa bersaing dengan minyak sawit yang rata-rata dibuat dengan skala pabrik dengan proses yang lebih bagus dengan kualitas bagus yaitu cirinya bening, dan tahan lama.

Minyak goreng kelapa pun sangat bisa dibuat sebagus minyak sawit yang seperti di pasaran. Yaitu minyak yang lebih bening, awet tahan hingga 2 tahun, dan harganya jelas bisa bersaing. Produk tersebut telah ada, dan telah dibuat oleh KUB Perkasa di Yogyakarta. KUB yang merupakan kumpulan pengrajin kelapa, berinovasi dengan teknologi baru yang murah namun menghasilkan kualitas minyak yang bagus. Hebatnya, kualitas minyak yang dihasilkan seperti minyak pabrikan, diolah dengan proses alat yang sederhana.

Dari pengalaman kami menemukan konsep pengolahan minyak goreng kelapa yang berkualitas dengan hanya mengandalkan para petani dan bimbingan dari para Sarjana Teknik Kimia di Yogyakarta, membuat kami yakin, bahwa konsep kami dapat menjadi inspirasi bagi kawan-kawan yang berada di daerah penghasil kelapa untuk bisa berbuat seperti kami. Harapan bahwa pemberdayaan petani kelapa dengan menghasilkan minyak goreng kelapa yang berkualitas bisa meningkatkan pendapatan petani kelapa.

Pola petani kelapa yang membuat semata kopra kemudian dijual kepada para tengkulak, dapat dirubah ke arah budaya produksi minyak, yang hasilnya selain dapat dipakai sendiri juga bisa lebih berorientasi pasar. Jika budaya ini terbentuk, saya yakin, petani kelapa akan berseri-seri, mereka akan lebih semangat dalam menanam, memelihara, dan memberdayakan kelapa.

Untuk Pemesanan Produk Bio Virgin dapat menghubungi :

CV. Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu

Jl. Nitikan Baru 9 Jogjakarta, Contact Person : Arief (08562565965)

4 komentar:

ferri kurniawan mengatakan...

ini bisnis hebat saya yakin salah satu faktor pendorong bangkitnya ekonomi kerakyatan kita saya ingin begabung bersama ...mungkin bisa dari pemasarannya dulu utk sby sekitar dan bagaimana syaratnya ok trim

Arief Nugroho mengatakan...

Mas Ferry, untuk pemasaran di daerah surabaya sangat potensial sekali, terutama Minyak Goreng Kelapa Sehat, karena saat ini orang (konsumen) sudah mulai beralih ke produk yang sehat dan berkualitas, masyarakat sudah bisa memilih.
Migor kami telah mendapatkan sertifikasi HALAL dari MUI.
Untuk pemasaran di SBY kami siap kirimkan 5 dos Bio Virgin. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi saya di 08562565965

Anonim mengatakan...

sebelumnya saya ingin menanyakan, minyak goreng kelapa yang selama ini dijual di pasaran tersebut jenis/fraksi RBD (Refined Bleached Deodorized) coconut oil atau yg jenis VCO (Virgin Coconut Oil)? Mohon penjelasannya. terima kasih

ina mengatakan...

sebelumnya saya ingin menanyakan, minyak goreng kelapa yang selama ini dijual di pasaran tersebut jenis/fraksi RBD (Refined Bleached Deodorized) coconut oil atau yg jenis VCO (Virgin Coconut Oil)? Mohon penjelasannya. terima kasih